TULISAN GURU

Selasa, 05 April 2011

RPP MATEMATIKA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 01)


Nama Madrasah : MTs.N Nubatukan
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/1(satu)

Standar kompetensi : BILANGAN
1. Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaanya dalam pemecahan masalah
Kompetensi dasar : 1.1 Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

Indikator :
 Memberikan contoh bilangan bulat
 Menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat memberikan contoh bilangan bulat
Peserta didik dapat menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan

B. Materi pembelajaran
1. pengertian bilangan bulat
2. Garis bilangan

C. Metode Pembelajara
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, Demonstrasi

D. Langkah-langkah kegiatan
 Pendahuluan
Apersepsi : mengingat kembali himpunan bilangan
Motivasi : memberikan contoh pentingnya mempelajari himpunan bilangan
 Kegiatan inti :
1. Dengan tanya jawab siswa diminta memberikan contoh bilangan bulat
2. Dengan tanya jawab, guru membimbing siswa untuk mendapatkan pengertian bilangan bulat
3. Dengan memberikan contoh meletakkan bilangan bulat pada garis bilangan peserta didik dimihta membuat sendiri garis bilangan seperti contoh.
4. menarik kesimpulan tentang pengertian bilangan bulat
 Penutup :
1. Peserta didik membuat rangkuman dengan bimbingan guru
2. Refleksi proses pembelajaran
3. Peserta didik diberi tugas pada buku matematika kreatif kls VII
E. Alat dan Sumber Bahan
Seribu Pena Matematika SMP Untuk Kelas VII, Penerbit Erlangga dan Sumber buku yang relevan
F. Penilaian
Teknik : tertulis dan tes lisan
Bentuk Instrumen : tes isian dan tes uraian
Contoh instrumen :
1. Tulislah 10 bilangan yang terletak antara -5 dan 6
2. Letaklah bilanganlah -6, -3, 0, 1, 3 pada garis bilangan berikut
. . . . . . . . . . . . . . . . . .
3. hitunglah :
a. 10 + ( -5 ) =……
b. -5 - ( -8 ) =……
c. 9 x ( -15 ) = …..
d. -45 : -3 = …...
e. -5 + 6x -3 = ……
PEDOMAN PENSKORAN


Kunci Jawaban Skor Keterangan
1.
2.
3.

{ -4, -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, 4, 5 }
. . . . . . . . . . . . . .
-6 -3 0 1 3

a. 10 + (-5 ) = 5
b. -5 - ( 8 ) = -5 + 8 = 3
c. 9 x ( -5 ) = -135
d. -45 : -3 = 15
e. -5 + 6x -3 = -5 + ( -18 ) = -23 1 - 10
1 - 4
2
2
2
2
3
Jumlah 25






No Nama Siswa Skor Tiap Nomor Skor Perolehan Skor
Max Batas Nilai Ketuntasan minimal Nilai Ketuntasan Belajar
10 4 11
1 2 3






Lewoleba, ..................................2010
Tim Guru Mata Pelajaran Matematika






Jakaria Jaka, S.Pd
NIP. 19720601 199803 1 002 Sudirman Abdullah, S.Pd
NIP. 19810125 201001 1 002

Ummi Kulsum, S.Si
Mengetahui
Kepala Madrasah






Jakaria Jaka, S.Pd
NIP. 19720601 199803 1 002











































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 02)


Nama Madrasah : MTs.N Nubatukan
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/1(satu)

Standar kompetensi : BILANGAN
1. Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaanya dalam pemecahan masalah
Kompetensi dasar : 1.1 Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan

Indikator :
 Melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian bilangan bulat termasuk operasi campuran

Alokasi Waktu : 2 X 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat melakukan operasi tambah, kurang, kali bilangan bulat
Peserta didik dapat melakukan operasi bagi bilangan bulat

B. Materi pembelajaran
1. Operasi tambah, kurang, kali bilangan bulat
2. Operasi bagi bilangan bulat

C. Metode Pembelajaran
Ceramah,Diskusi, Tanya jawab, Demonstrasi

D. Langkah-langkah kegiatan
 Pendahuluan
Apersepsi : mengingat kembali operasi hitung bilangan
Motivasi : memberikan contoh pentingnya mempelajari operasi hitung bilangan bulat

 Kegiatan inti
1. Dengan tanya jawab siswa diminta memberikan contoh operasi hitung bilangan bulat
2. Dengan tanya jawab, guru membimbing siswa untuk menyatakan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pada garis bilangan
3. Dengan memberikan contoh operasi perkalian bilangan, peserta didik diminta mengerjakan asah kemampuan pada buku ajar
4. Dengan memberikan contoh operasi perkalian bilangan, peserta didik diminta mengerjakan asah kemampuan pada buku ajar

 Penutup :
1. Peserta didik membuat rangkuman dengan bimbingan guru
2. refleksi proses pembelajaran
3. peserta didik diberi tugas dari soal buatan guru

E. Alat dan Sumber Bahan
Seribu Pena Matematika SMP Untuk Kelas VII, Penerbit Erlangga dan Sumber buku yang relevan



F. Penilaian
Teknik : tertulis dan tes lisan
Bentuk Instrumen : tes isian dan tes uraian

Contoh instrumen :
a. Hitunglah :
1. 62-125 =
2. (9+12)X6 =
3. (-36) : 4 =
4. 8 x (-12) =
b. Sebuah kotak memuat 25 buah jeruk , kalau ada 140 buah jeruk, berapa banyak kotak yang harus disediakan

No Kunci Jawaban Skor Keterangan
1.
2.
3.
4
5 63

126

-9

-96

140 : 25 = 6 3

3

3

3

5
Jumlah 17


PEDOMAN PENSKORAN
No Nomor Soal / Nama Siswa Skor Tiap Nomor Skor Max Skor Perolehan Batas Nilai Ketuntasan minimal Nilai Ketuntasan Belajar
3 3 3 3 5
1 2 3 4 5









Mengetahui,
Kepala Madrasah




JAKARIA JAKA, S.Pd
NIP. 19720601 199803 1 002 Lewoleba,....................................2010
Guru Mata Pelajaran




SUDIRMAN ABDULLAH, S.Pd
NIP. 19810125 201001 1 011





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 03)


Nama Madrasah : MTs.N Nubatukan
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/1(satu)

Standar kompetensi : BILANGAN
1. Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaanya dalam pemecahan masalah
Kompetensi dasar : 1.1 Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan

Indikator :
Menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuatdrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
 Peserta didik dapat Menghitung kuadrat dan pangkat tiga bilangan bulat

B. Materi pembelajaran
1. Kuadrat bilangan bulat
2. Pangkat tiga bilangan bulat

C. Metode Pembelajaran
Ceramah,Diskusi, Tanya jawab, Demonstrasi

D. Langkah-langkah kegiatan
 Pendahuluan
Apersepsi : mengingat kembali operasi perkalian bilangan
Motivasi : memberikan contoh pentingnya mempelajari kuadrat dan pangkat tiga bilangan bulat
 Kegiatan inti :
1. Dengan tanya jawab siswa diminta memberikan contoh operasi kuadrat bilangan bulat yang sudah diketahui
2. Dengan tanya jawab, guru membimbing siswa untuk menyatakan operasi pangkat bilangan bulat
3. Peserta didik diminta mengerjakan soal-soal pada buku siswa
4. Dengan memberikan contoh operasi akar kuadrat dan akar pangkat tiga, peserta didik diminta mengerjakan soal-soal pada buku siswa
 Penutup :
1. Peserta didik membuat rangkuman dengan bimbingan guru
2. Refleksi proses pembelajaran
3. Peserta didik diberi tugas asah kemampuan Pada buku Matematika Kreatif konsep dan terapan kelas VII

E. Alat dan Sumber Bahan
Seribu Pena Matematika SMP Untuk Kelas VII, Penerbit Erlangga dan Sumber buku yang relevan


F. Penilaian
Teknik : tertulis dan tes lisan
Bentuk Instrumen : tes isian dan tes uraian
Contoh instrumen :
berapakah:
a. √16 b. 43

No Kunci Jawaban Skor Keterangan
1 a. 4 dan -4b. 64 4
4
Jumlah 8




No Nomor Soal / Nama Siswa Skor Tiap Nomor Skor Perolehan Skor
Max Batas Nilai Ketuntasan minimal Nilai Ketuntasan Belajar
1
4 4







Mengetahui,
Kepala Madrasah





JAKARIA JAKA, S.Pd
NIP. 19720601 199803 1 002 Lewoleba,....................................2010
Guru Mata Pelajaran





SUDIRMAN ABDULLAH, S.Pd
NIP. 19810125 201001 1 011



















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 04)



Nama Madrasah : MTs.N Kamalaputi
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/1 (satu)


Standar kompetensi : BILANGAN
1. Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaanya dalam pemecahan masalah
Kompetensi dasar : 1.1 Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan

Indikator :
 Memberikan contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan; biasa, desimal, campuran, persen dan permil
 Mengurutkan pecahan
 Mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
 Peserta didik dapat memberikan contoh berbagai bentuk dan jenis bil. Pecah; biasa, decimal, campuran, persen dan permil
 Peserta didik dapat Mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain

B. Materi pembelajaran
1. Bilangan Pecah
2. Mengubah bentuk pecahan

C. Metode Pembelajaran
Ceramah,Diskusi, Tanya jawab, Demonstrasi

D. Langkah-langkah kegiatan
 Pendahuluan
Apersepsi : mengingat kembali bilangan pecah
Motivasi : memberikan contoh pentingnya mempelajari bilangan pecah

 Kegiatan inti :
1. Dengan tanya jawab siswa diminta memberikan contoh berbagai bentuk bilangan pecah
2. Peserta didik diminta mengerjakan soal-soal latihan pada buku siswa
3. Dengan tanya jawab dan demonstrasi, guru membimbing siswa untuk menyatakan bilangan pecah untuk bilangan pecah lainnya
4. Peserta didik diminta mengerjakan soal latihan pada buku ajar

 Penutup :
1. Peserta didik membuat rangkuman dengan bimbingan guru
2. Refleksi proses pembelajaran
3. Peserta didik diberi tugas asah kemampuan Pada buku Matematika Kreatif konsep dan terapan kelas VII

E. Alat dan Sumber Bahan
Seribu Pena Matematika SMP Untuk Kelas VII, Penerbit Erlangga dan Sumber buku yang relevan
F. Penilaian
Teknik : tertulis
Bentuk Instrumen : tes isian

Contoh instrumen :
1. Urutkan pecahan berikut :
a.

PEDOMAN PENSKORAN

NO SOAL KUNCI JAWABAN SKOR KETERANGAN BOBOT
1.





















2.










3.






4.



5. a. , ,
KPK dari 3, 6,dan 4 : 12
= , = , = ,
Jadi urutan pecahan dari yang terkecil : , ,
b. , ,
KPK dari 3, 7 dan 6 adalah 42
Jadi urutan pecahan dari yang terkecil = , ,
c. , ,
KPKdari 7, 4,dan 8 adalah 56
= , = , =
Jadi urutan pecahan dari yang terkecil , ,

a. - dan -
= x = , - x =
Pecahan di antara - , dan : - = -
b. - dan -
= x = - ,- x = -
Pecahan di antara dan - =

a. -4 = -
b. -2 = -
c.
d.
a. 1 = = 1, 2
b. 1 = 1, 75

a. = x 100 = 12,5 %
b. = x 100 = 35 %
0 – 4






0 – 4






0 – 4






0 – 5





0 – 5





0 – 4




0 – 4
0 – 5



0 – 5

4= sangat tepat
3= tepat
2= kurang tepat
1= tidak tepat
0 = kosong
















5= sangat sesuai
4 = sesuai
3= cukup / sedang
2= tidak sesuai
1= sangat tidak sesuai
0= kosong : 0
5






5













5





5





20




5




5
5


Jumlah 60






No Nomor Soal / Nama Siswa Skor Tiap Nomor Skor Perolehan Skor
Max Batas Nilai Ketuntasan minimal Nilai Ketuntasan Belajar
1-4 1-4 1-4 1-4
1 2 3 4









Mengetahui,
Kepala Madrasah





JAKARIA JAKA, S.Pd
NIP. 19720601 199803 1 002 Lewoleba,....................................2010
Guru Mata Pelajaran





SUDIRMAN ABDULLAH, S.Pd
NIP. 19810125 201001 1 011

















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 05)


Nama Madrasah : MTs.N Nubatukan
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/1(satu)


Standar kompetensi : BILANGAN
1. Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaanya dalam pemecahan masalah
Kompetensi dasar : 1.1 Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan

Indikator :
 Menemukan dan menggunakan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali atau bagi dengan melibatkan pecahan serta mengaitkannya dalam kehidupan sehari-hari

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat menggunakan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali atau bagi dengan melibatkan pecahan serta mengaitkannya dalam kehidupan sehari-hari

B. Materi pembelajaran
Bilangan Bulat dan Bilangan Pecahan

C. Metode Pembelajaran
Ceramah,Diskusi, Tanya jawab, Demonstrasi

D. Langkah-langkah kegiatan
 Pendahuluan
Apersepsi : mengingat kembali operasi bilangan bulat dan bilangan pecah
Motivasi : memberikan contoh pentingnya mempelajari bilangan bulat dan bilangan pecah

 Kegiatan inti I:
1. Diberikan contoh soal dan penyelesaiannya tentang operasi bilangan bulat dan pecahan dalam kehidupan sehari-hari
2. Peserta didik ditugasi untuk menulis soal seperti contoh masing-masing berikut penyelesainnya paing tidak 3 nomor
3. Peserta didik mendiskusikan secara kelompok soal dan penyelesaian yang telah dibuat pada kegiatan inti I
4. Peserta didik diminta dan guru membahas hasil diskusi masing-masing kelompok secara klasikal

 Penutup :
1. Peserta didik membuat rangkuman dengan bimbingan guru
2. refleksi proses pembelajaran
3. peserta didik diberi tugas asah kemampuan Pada buku Matematika Kreatif konsep dan terapan kelas VII

E. Alat dan Sumber Bahan
Seribu Pena Matematika SMP Untuk Kelas VII, Penerbit Erlangga dan Sumber buku yang relevan

F. Penilaian
Teknik : Tertulis
Bentuk Instrumen : Tes isian
Contoh instrumen :




No Nomor Soal / Nama Siswa Skor Tiap Nomor Skor Perolehan Skor
Max Batas Nilai Ketuntasan Nilai Ketuntasan Belajar
4 4
1 2








Mengetahui,
Kepala Madrasah





JAKARIA JAKA, S.Pd
NIP. 19720601 199803 1 002 Lewoleba,....................................2010
Guru Mata Pelajaran





SUDIRMAN ABDULLAH, S.Pd
NIP. 19810125 201001 1 011























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 06)

Nama Madrasah : MTs.N Nubatukan
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/1(satu)



Standar kompetensi : 2. Memahami bentuk aljabar, persamaan , dan pertidaksamaan linear satu variabel

Kompetensi dasar : 2.1 Mengenal bentuk aljabar dan unsur-unsurnya

Indikator :
 Menjelaskan pengertian variabel, konstanta, faktor, suku, dan suku sejenis

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik dapat Menjelaskan pengertian variabel, konstanta, faktor.
2. Peserta didik dapat Menjelaskan suku dan suku sejenis

B. Materi pembelajaran
1. Pengertian variabel
2. Suku dan suku sejenis

C. Metode Pembelajaran
Ceramah,Diskusi, Tanya jawab, Demonstrasi dan presentasi

D. Langkah-langkah kegiatan
 Pendahuluan
Apersepsi : mengingat kembali faktor dari suatu bilangan
Motivasi : memberikan contoh pentingnya mempelajari bentuk aljabar

 Kegiatan inti
1. dengan tanya jawab siswa diminta memberikan contoh bentuk aljabar
2. Dengan tanya jawab, guru membimbing siswa untuk dapat mendapat pengertian pengertian variabel, konstanta, faktor, suku, dan suku sejenis
3. Dengan memberikan contoh suku sejenis , siswa diminta untuk menemukan suku sejenis
4. menarik kesimpulan tentang faktor dari suku sejenis
5. peserta didik mengerjakan lembar kegiatan siswa secara berpasangan
6. peserta didik mempresentasikan pekerjaannya

 Penutup :
1. Peserta didik membuat rangkuman dengan bimbingan guru
2. refleksi proses pembelajaran
3. peserta didik diberi tugas asah kemampuan Pada buku Matematika Kreatif konsep dan terapan kelas VII

E. Alat dan Sumber Bahan
Seribu Pena Matematika SMP Untuk Kelas VII, Penerbit Erlangga dan Sumber buku yang relevan

F. Penilaian
Teknik : tertulis dan tes lisan
Bentuk Instrumen : tes isian dan tes uraian
Contoh instrumen :
Dari bentuk aljabar 3x – 5, manakah yang merupakan variabel, konstanta dan faktor?

Rubrik Penilaian
No Aspek yang dinilai Bobot penilaian Skala Skor tiap aspek Rubrik
1 2 3 4
1 Pemahaman apa yang diketahui 3 1. Jika sama sekali tdak memahami
2. Jika sebagaian kecil memahami
3. Jika sebagian besar memahami
4. Jika sangat memahami
2 Pemahaman apa yang ditangkap 3 1. Jika sama sekali tdak memahami
2. Jika sebagaian kecil memahami
3. Jika sebagian besar memahami
4. Jika sangat memahami
3 Ketepatan strategi pemecahan masalah 2 1. Jika sama sekali tdak memahami
2. Jika sebagaian kecil memahami
3. Jika sebagian besar memahami
4. Jika sangat memahami
4 Relefansi konsep yang dipilih dengan permasalahan 1. Jika sama sekali tdak memahami
2. Jika sebagaian kecil memahami
3. Jika sebagian besar memahami
4. Jika sangat memahami
Ketepatan model matematika yang digunakan 2 1. Jika sama sekali tdak memahami
2. Jika sebagaian kecil memahami
3. Jika sebagian besar memahami
4. Jika sangat memahami
6 Kebenaran dalam melakukan operasi hitung 3 1. Jika sama sekali tdak memahami
2. Jika sebagaian kecil memahami
3. Jika sebagian besar memahami
4. Jika sangat memahami
7 Kebenaran jawaban 2 1. Jika sama sekali tdak memahami
2. Jika sebagaian kecil memahami
3. Jika sebagian besar memahami
4. Jika sangat memahami
Jumlah 18





No Nomor Soal / Nama Siswa Skor Tiap aspek Skor Perolehan Skor
Max Batas Nilai Ketuntasan Minimal Nilai Ketuntasan Belajar
1-4 1-4 1-4 1-4 1-4 1-4 1-4
1 2 3 4 5 6 7








Mengetahui,
Kepala Madrasah




JAKARIA JAKA, S.Pd
NIP. 19720601 199803 1 002 Lewoleba,....................................2010
Guru Mata Pelajaran




SUDIRMAN ABDULLAH, S.Pd
NIP. 19810125 201001 1 011

















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 07)

Nama Madrasah : MTs.N Nubatukan
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/1(satu)


Standar kompetensi : 2. Memahami bentuk aljabar, persamaan , dan pertidaksamaan linear satu variabel

Kompetensi dasar : 2.2 Melakukan operasi pada bentuk aljabar

Indikator :
 Menyelesaikan operasi hitung (+, -, x, :, √ ) dan pangkat pada bentuk aljabar

Alokasi Waktu : 4 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat melakukan operasi hitung (+, -, x, :, √ ) dan pangkat pada bentuk aljabar

B. Materi pembelajaran
Operasi hitung pada bentuk aljabar

C. Metode Pembelajaran
Ceramah,Diskusi, Tanya jawab, Demonstrasi

D. Langkah-langkah kegiatan
 Pendahuluan
Apersepsi : mengingat kembali suku sejenis
Motivasi : memberikan contoh pentingnya mempelajari bentuk aljabar

 Kegiatan inti
1. Dengan penemuan peserta didik dibimbing dalam melakukan operasi hitung (+, -, x, :, √ ) dan pangkat pada bentuk aljabar
2. Guru membimbing peserta didik cara menyederhanakan suatu bentuk aljabar, dengan meminta mereka untuk mengumpulkan suku sejenis

 Penutup
1. Peserta didik membuat rangkuman dengan bimbingan guru
2. Refleksi proses pembelajaran
3. Peserta didik diberi tugas asah kemampuan Pada buku Matematika Kreatif konsep dan terapan kelas VII
4. Siswa diberi tugas menghitung jumlah kata Allah dan Kata Muhammad yang disebutkan dalam Al-Qur’an

E. Alat dan Sumber Bahan
Seribu Pena Matematika SMP Untuk Kelas VII, Penerbit Erlangga dan Sumber buku yang relevan


F. Penilaian
Teknik : tertulis dan tes lisan
Bentuk Instrumen : tes isian dan tes uraian

Contoh instrumen :
1. 15 X 25 = ...
2.(2 x 7 )2 x ( 5 x 2 )3

b. ( 5 x 3 )2 x (3 x 5 )2
PEDOMAN PENSKORAN
NO SOAL KUNCI JAWABAN SKOR KETERANGAN BOBOT
1.


2 15 X 25 = 375
375 – 350 = 25

a.(2 x 7 )2 x ( 5 x 2 )3
= 12 x 72 x 52 x 23
= 22+3 x 72 x 52
=25 x 72 x 52
b. ( 5 x 3 )2 x (3 x 5 )2
= 52 x32 x 32 x 52x2
= 52+4 x32+2
= 56 x34
c. 4 x( 2 3 x 32 ) : ( 9 x 8)
= 22 x 22+3 x 32 : 32 x 23
= 25-3 x 32-2
=22 x 30
= 4 x 1
= 4 0 – 5


0 – 5 5= sangat sesuai
4 = sesuai
3= cukup / sedang
2= tidak sesuai
1= sangat tidak sesuai
0= kosong : 0


10






10



10



15
3.
a.
= a b
= a x b
b.
=
= m : n x m x n
= m : n x m x n
= m x n


JUMLAH
5




10








60






No Nomor Soal / Nama Siswa Skor Tiap Nomor Skor Perolehan Skor
Max Batas Nilai Ketuntasan minimal Nilai Ketuntasan Belajar
13 13
1 2








Mengetahui,
Kepala Madrasah




JAKARIA JAKA, S.Pd
NIP. 19720601 199803 1 002 Lewoleba,....................................2010
Guru Mata Pelajaran




SUDIRMAN ABDULLAH, S.Pd
NIP. 19810125 201001 1 011















































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 08)


Nama Madrasah : MTs.N Nubatukan
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/1(satu)

Standar kompetensi : 2. Memahami bentuk aljabar, persamaan , dan pertidaksamaan linear satu variabel

Kompetensi dasar : 2.2 Melakukan operasi pada bentuk aljabar

Indikator :
 Melakukan operasi hitung pada bentuk aljabar untuk menyelesaikan soal

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat melakukan operasi hitung pada bentuk aljabar untuk menyelesaikan soal

B. Materi pembelajaran
Operasi hitung pada bentuk aljabar

C. Metode Pembelajaran
Ceramah,Diskusi, Tanya jawab, Demonstrasi

D. Langkah-langkah kegiatan
 Pendahuluan
Apersepsi : mengingat kembali suku sejenis
Motivasi : memberikan contoh pentingnya mempelajari bentuk aljabar
 Kegiatan inti
1. dengan penemuan peserta didik dibimbing dalam menerapkan operasihitung bentuk aljabar
2. Peserta didik a mengerjakan lembar kegiatan siswa, secara berkelompok
3. Dengan berdiskusi siswa memecahkan persoalan bentuk aljabar pada kehidupan sehari-hari
4. siswa mengerjakan Lembar kegiatan siswa secara berkelompok
5. siswa mempresentasikan pekerjaanya
 Penutup
1. Peserta didik membuat rangkuman dengan bimbingan guru
2. refleksi proses pembelajaran
3. peserta didik diberi tugas asah kemampuan Pada buku Matematika Kreatif konsep dan terapan kelas VII

E. Alat dan Sumber Bahan
Seribu Pena Matematika SMP Untuk Kelas VII, Penerbit Erlangga dan Sumber buku yang relevan


F. Penilaian
Teknik : tertulis dan tes lisan
Bentuk Instrumen : tes isian dan tes uraian

Contoh instrumen :
Ibu membeli 15 buku dan 10 pensil. Harga sebuah buku Rp. 1.250 dan harga 5 pensil Rp. 5.000. Berapakah yang harus dibayar Ibu untuk membeli 15 buku dan 10 pensil

Pedoman Penskoran
Rubrik Penilaian

NO Aspek yang dinilai Bobot penilaian Skala Skor tiap aspek Rubrik
1 2 3 4
1 Pemahaman apa yang diketahui 5 1. Jika sama sekali tdak memahami
2. Jika sebagaian kecil memahami
3. Jika sebagian besar memahami
4. Jika sangat memahami
2 Pemahaman apa yang ditangkap 5 1. Jika sama sekali tdak memahami
2. Jika sebagaian kecil memahami
3. Jika sebagian besar memahami
4. Jika sangat memahami
3 Kebenaran membuat model matematika 10 1. Jika sama sekali tdak memahami
2. Jika sebagaian kecil memahami
3. Jika sebagian besar memahami
4. Jika sangat memahami
4 Kebenaran dalam melakukan operasi hitung 5 1. Jika sama sekali tdak memahami
2. Jika sebagaian kecil memahami
3. Jika sebagian besar memahami
4. Jika sangat memahami
5 Kebenaran jawaban 5 1. Jika sama sekali tdak memahami
2. Jika sebagaian kecil memahami
3. Jika sebagian besar memahami
4. Jika sangat memahami
Jumlah 30

No Kunci Jawaban Skor Bobot
1 5x +12 < 20 + 3x 5x – 3x < 20 - 12 2x < 10 X < 5 Hp {4,3,2,1} 1 2 2 2 2 1 20 2 5x – 2 < 8x + 3 5x – 8x < 3 + 2 -3x < 5 Hp { } 1 2 2 2 2 1 20 3 -8x- 6 ≥ 8 – 7x -8x + 7x ≥ 8 + 6 -x ≥ 14 Kalikan kedua ruas dengan -1 X ≥ -14 Jadi Hp {-14,-15...} 2 2 2 1 10 No Nomor Soal / Nama Siswa Skor Tiap Nomor Skor Perolehan Skor Max Batas Nilai Ketuntasan minimal Nilai Ketuntasan Belajar 10 10 10 1 2 3 Mengetahui, Kepala Madrasah JAKARIA JAKA, S.Pd NIP. 19720601 199803 1 002 Lewoleba,....................................2010 Guru Mata Pelajaran SUDIRMAN ABDULLAH, S.Pd NIP. 19810125 201001 1 011 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP 09) Nama Madrasah : MTs.N Nubatukan Mata Pelajaran : Matematika Kelas/Semester : VII/1(satu) Standar kompetensi : 2. Memahami bentuk aljabar, persamaan , dan pertidaksamaan linear satu variabel Kompetensi dasar : 2.3 Menyelesaikan persamaan llinier satu variabel Indikator :  Mengenal PLSV dalam berbagai bentuk dan variabel  Menentukan bentuk setara dari PSLV dengan cara kedua ruas (+,-,X,:) dengan bilangan yang sama Alokasi Waktu : 2 x 40 menit A. Tujuan Pembelajaran 1. Peserta didik dapat menentukan Mengenal PLSV dalam berbagai bentuk dan variabel 2. Peserta didik dapat menentukan bentuk setara dari PSLV dengan cara kedua ruas (+,-,X,:) dengan bilangan yang sama B. Materi pembelajaran Persamaan linear satu variabel C. Metode Pembelajaran Ceramah,Diskusi, Tanya jawab, Demonstrasi D. Langkah-langkah kegiatan  Pendahuluan Apersepsi : mengingat kembali suku sejenis Motivasi : memberikan contoh pentingnya mempelajari PLSV  Kegiatan inti 1. dengan diskusi peserta didik dibimbing dalam menemukan yang termasuk PLSV 2. Peserta didik a mengerjakan lembar kegiatan siswa secara berkelompok 3. dengan berdiskusi siswa menemukan bentuk setara dari PSLV dengan cara kedua ruas (+,-,X,:) dengan bilangan yang sama 4. peserta didik mengerjakan lembar kegiatan siswa secara berkelompok 5. peserta didik membuat contoh PLSV 6. secara berkelompok siswa menemukan cara membuat setara dari pLSV  Penutup : 1. Peserta didik membuat rangkuman dengan bimbingan guru 2. refleksi proses pembelajaran 3. peserta didik dibei tugas E. Alat dan Sumber Bahan Buku Matematika Kreatif konsep dan terapan kelas VII F. Penilaian Teknik : tertulis dan tes lisan Bentuk Instrumen : tes isian dan tes uraian Contoh instrumen : 1.Manakah yang merupakan PLSV? Jelaskan ! a. 5x-6=4 b.3x=2y+4 c. 6p-8=4p 2. Apakah 3x-5=7 setara dengan 3x=12?jelaskan! Rubrik Penilaian No Nomor Soal / Nama Siswa Skor Tiap Nomor Skor Perolehan Skor Max Batas Nilai Ketuntasan minimal Nilai Ketuntasan Belajar 1-4 1-4 1-4 1 2 3 Mengetahui, Kepala Madrasah JAKARIA JAKA, S.Pd NIP. 19720601 199803 1 002 Lewoleba,....................................2010 Guru Mata Pelajaran SUDIRMAN ABDULLAH, S.Pd NIP. 19810125 201001 1 011 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP 10) Nama Madrasah : MTs.N Nubatukan Mata Pelajaran : Matematika Kelas/Semester : VII/1(satu) Standar kompetensi : 2. Memahami bentuk aljabar, persamaan , dan pertidaksamaan linear satu variabel Kompetensi dasar : 2.3 Menyelesaikan persamaan llinier satu variabel Indikator :  Menentukan bentuk setara dan penyelesaian PLSV Alokasi Waktu : 2 x 40 menit A. Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat menentukan Menentukan penyelesaian PLSV B. Materi pembelajaran Persamaan linear satu variabel C. Metode Pembelajaran Ceramah,Diskusi, Tanya jawab, Demonstrasi D. Langkah-langkah kegiatan Pendahuluan Apersepsi : mengingat kembali suku sejenis Motivasi : memberikan contoh pentingnya mempelajari PLSV Kegiatan inti I: 1. dengan diskusi peserta didik dibimbing dalam menyelesaikan PLSV 2. Peserta didik membuat contoh PLSV dan menyelesaikkannya secara berkelompok 3. peserta didik mengerjakan lembar kegiatan siswa secara berkelompok 4. menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan PLSV 5. peserta didik mempersentasikan pekerjaanya Penutup : 1. Peserta didik membuat rangkuman dengan bimbingan guru 2. refleksi proses pembelajaran 3. peserta didik diberi tugas asah kemampuan Pada buku Matematika Kreatif konsep dan terapan kelas VII E. Alat dan Sumber Bahan Umi Matematika kreatif konsep dan terapannya kelas VII, PT Tiga Serangkai F. Penilaian Teknik : tertulis dan tes lisan Bentuk Instrumen : tes isian dan tes uraian Contoh instrumen : 1.Penyelesaian dari 6m-8=-26 PEDOMAN PENSKORAN No Kunci Jawaban Skor Bobot 1 5x – 2 = 8x + 3 5x – 2 + 2 = 8x + 3 + 2 5x = 8x + 5 5x – 8x = 5 -3x = 5 x = 1 2 2 2 2 2 1 10 2 3(x) = 5 (4x + 7) 3x = 20x + 35 3x – 20x = 35 -17x = 35 1 2 3 2 2 2 1 15 2.Penyelesaian dari 3 92x-5) = 8x + 9 Rubrik Penilaian NO Aspek yang dinilai Bobot penilaian Skala Skor tiap aspek Rubrik 1 2 3 4 1 Pemahaman apa yang diketahui 5 1. Jika sama sekali tdak memahami 2. Jika sebagaian kecil memahami 3. Jika sebagian besar memahami 4. Jika sangat memahami 2 Pemahaman apa yang ditangkap 5 1. Jika sama sekali tdak memahami 2. Jika sebagaian kecil memahami 3. Jika sebagian besar memahami 4. Jika sangat memahami 3 Kebenaran membuat model matematika 10 1. Jika sama sekali tdak memahami 2. Jika sebagaian kecil memahami 3. Jika sebagian besar memahami 4. Jika sangat memahami 4 Kebenaran dalam melakukan operasi hitung 5 1. Jika sama sekali tdak memahami 2. Jika sebagaian kecil memahami 3. Jika sebagian besar memahami 4. Jika sangat memahami 5 Kebenaran jawaban 5 1. Jika sama sekali tdak memahami 2. Jika sebagaian kecil memahami 3. Jika sebagian besar memahami 4. Jika sangat memahami Jumlah 30 No Nomor Soal / Nama Siswa Skor Tiap Nomor Skor Perolehan Skor Max Batas Nilai Ketuntasan minimal Nilai Ketuntasan Belajar 1-4 1-4 1-4 1-4 1 2 3 4 Mengetahui, Kepala Madrasah JAKARIA JAKA, S.Pd NIP. 19720601 199803 1 002 Lewoleba,....................................2010 Guru Mata Pelajaran SUDIRMAN ABDULLAH, S.Pd NIP. 19810125 201001 1 011 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP 11) Nama Madrasah : MTs.N Nubatukan Mata Pelajaran : Matematika Kelas/Semester : VII/1(satu) Standar kompetensi : 2. Memahami bentuk aljabar, persamaan , dan pertidaksamaan linear satu variabel Kompetensi dasar : 2.3 Menyelesaikan persamaan linier satu variabel Indikator :  Mengenali PtLSV dalam berbagai bentuk dan variabel Alokasi Waktu : 2 x 40 menit A. Tujuan Pembelajaran Peserta didik dapat menentukan Mengenali PtLSV dalam berbagai bentuk B. Materi pembelajaran Pertidaksamaan linear satu variabel C. Metode Pembelajaran Ceramah,Diskusi, Tanya jawab, Demonstrasi D. Langkah-langkah kegiatan Pendahuluan Apersepsi : mengingat kembali PLSV Motivasi : memberikan contoh pentingnya mempelajari PtLSV Kegiatan inti I: 1. dengan diskusi peserta didik dibimbing dalam menemukan yang termasuk PtLSV 2. Peserta didik membuat contoh PtLSV secara berkelompok 3. Pekerjaan peserta didik dianalisis oleh peserta didik yang lain 4. Peserta didik mengerjakan lembar kegiatan siswa secara berkelompok 5. peserta didik mempersentasikan pekerjaanya Penutup : 1. Peserta didik membuat rangkuman dengan bimbingan guru 2. refleksi proses pembelajaran 3. peserta didik diberi tugas E. Alat dan Sumber Bahan Buku Matematika Kreatif konsep dan terapan kelas VII F. Penilaian Teknik : tertulis dan tes lisan Bentuk Instrumen : tes isian dan tes uraian Contoh instrumen : 1.manakah yang merupakan PtLSV? Jelaskan ! a. 7x – 6 >4 b. 3x<2y +4 c.5p-9>4p

Pedoman Penskoran


No Nomor Soal / Nama Siswa Skor Tiap Nomor Skor Perolehan Skor
Max Batas Nilai Ketuntasan Nilai Ketuntasan Belajar
10 10 12
1 2 3






Mengetahui,
Kepala Madrasah



JAKARIA JAKA, S.Pd
NIP. 19720601 199803 1 002 Lewoleba,....................................2010
Guru Mata Pelajaran



SUDIRMAN ABDULLAH, S.Pd
NIP. 19810125 201001 1 011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 12)


Nama Madrasah : MTs.N Nubatukan
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/1(satu)


Standar kompetensi : 2. Memahami bentuk aljabar, persamaan , dan pertidaksamaan linear satu variabel

Kompetensi dasar : 2.3 Menyelesaikan pertidaksamaan linier satu variabel

Indikator :
 Menentukan bentuk setara dari PtSLV dengan cara kedua ruas (+,-,X,:) dengan bilangan yang sama

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat menentukan bentuk setara dari PtSLV dengan cara kedua ruas (+,-,X,:) dengan bilangan yang sama

B. Materi pembelajaran
Pertidaksamaan linear satu variabel

C. Metode Pembelajaran
Ceramah,Diskusi, Tanya jawab, Demonstrasi

D. Langkah-langkah kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi : mengingat kembali suku sPLSV
Motivasi : memberikan contoh pentingnya mempelajari PtLSV

Kegiatan inti I:
1. dengan diskusi siswa dibimbing dalam menentukan bentuk setara dari PtSLV dengan cara kedua ruas (+,-,X,:) dengan bilangan yang sama
2. siswa membuat contoh cara membuat bentuk setara dari PtLSV
3. hasil pekerjaan siswa saling ditukarkan untuk dinilai
4. siswa mengerjakan lembar kegiatan siswa secara berkelompok
5. siswa mempresentasikan pekerjaannya

Penutup :
1. siswa membuat rangkuman dengan bimbingan guru
2. refleksi proses pembelajaran
3. siswa dibei tugas

E. Alat dan Sumber Bahan
Matematika kreatif konsep dan terapannya kelas VII, PT Tiga Serangkai

F. Penilaian
Teknik : tertulis dan tes lisan
Bentuk Instrumen : tes isian dan tes uraian


Contoh instrumen :

PEDOMAN PENSKORAN

No Kunci Jawaban Skor Bobot
1 5x – 2 = 8x + 3
5x – 2 + 2 = 8x + 3 + 2
5x = 8x + 5
5x – 8x = 5
-3x = 5

x =
1
2
2
2
2
2

1 10
2
3(x) = 5 (4x + 7)
3x = 20x + 35
3x – 20x = 35
-17x = 35


1

2
3
2
2
2


1 15






No Nomor Soal / Nama Siswa Skor Tiap Nomor Skor Perolehan Skor
Max Batas Nilai Ketuntasan Nilai Ketuntasan Belajar
13 13
1 2

























PEDOMAN PENSKORAN

No
Soal Kunci Jawaban Skor Bobot Nilai Tiap Nomor
1.
























2.




3. a. 2x2 +3x +5x -6
= 2x2 +8x – 6
b. ( 4x -1 ) ( -2x +5) + ( x-1 )( 2x+1 )
=4x -2x+4x-5-1-2x+x.2x+x.11.2x1.1
=(-8x2+20x+2x-5)+ (2x2-x-2x-1)
=-8x2-12x2 =-6x2
=20x+2x+x-2x=21x
=-5+(-1)=-6
Jadi bentuk sederhananya adalah -6x2+21x-6
c. (3x-4)2
= (3x-4) ( 3x- 4)
=3x.3x.3x-4-4.3x-4-4
= 9x2-12x-12x+16
=9x2-24x+16
Jadi bentuk sederhananya adalah
9x2-24x+16
a. FPB dari 2xy dan 5x2 : x
b. FPB dari 3xy dan 6xy2:3xy
a.
b. =

3

21







12






2
2
5

10 2

10







10






2
2
5

4








PEDOMAN PENSKORAN

No
Soal Kunci Jawaban Skor Bobot Nilai Tiap Nomor
1.
























2.




3. d. 2x2 +3x +5x -6
= 2x2 +8x – 6
e. ( 4x -1 ) ( -2x +5) + ( x-1 )( 2x+1 )
=4x -2x+4x-5-1-2x+x.2x+x.11.2x1.1
=(-8x2+20x+2x-5)+ (2x2-x-2x-1)
=-8x2-12x2 =-6x2
=20x+2x+x-2x=21x
=-5+(-1)=-6
Jadi bentuk sederhananya adalah -6x2+21x-6
f. (3x-4)2
= (3x-4) ( 3x- 4)
=3x.3x.3x-4-4.3x-4-4
= 9x2-12x-12x+16
=9x2-24x+16
Jadi bentuk sederhananya adalah
9x2-24x+16
a. FPB dari 2xy dan 5x2 : x
b. FPB dari 3xy dan 6xy2:3xy
a.
b. =

3

21







12






2
2
5

10 2

10







10






2
2
5

4








PEDOMAN PENSKORAN

No
Soal Kunci Jawaban Skor Bobot Nilai Tiap Nomor
1.
























2.




3. g. 2x2 +3x +5x -6
= 2x2 +8x – 6
h. ( 4x -1 ) ( -2x +5) + ( x-1 )( 2x+1 )
=4x -2x+4x-5-1-2x+x.2x+x.11.2x1.1
=(-8x2+20x+2x-5)+ (2x2-x-2x-1)
=-8x2-12x2 =-6x2
=20x+2x+x-2x=21x
=-5+(-1)=-6
Jadi bentuk sederhananya adalah -6x2+21x-6
i. (3x-4)2
= (3x-4) ( 3x- 4)
=3x.3x.3x-4-4.3x-4-4
= 9x2-12x-12x+16
=9x2-24x+16
Jadi bentuk sederhananya adalah
9x2-24x+16
a. FPB dari 2xy dan 5x2 : x
b. FPB dari 3xy dan 6xy2:3xy
a.
b. =

3

21







12






2
2
5

10 2

10







10






2
2
5

4








PEDOMAN PENSKORAN

No
Soal Kunci Jawaban Skor Bobot Nilai Tiap Nomor
1.
























2.




3. j. 2x2 +3x +5x -6
= 2x2 +8x – 6
k. ( 4x -1 ) ( -2x +5) + ( x-1 )( 2x+1 )
=4x -2x+4x-5-1-2x+x.2x+x.11.2x1.1
=(-8x2+20x+2x-5)+ (2x2-x-2x-1)
=-8x2-12x2 =-6x2
=20x+2x+x-2x=21x
=-5+(-1)=-6
Jadi bentuk sederhananya adalah -6x2+21x-6
l. (3x-4)2
= (3x-4) ( 3x- 4)
=3x.3x.3x-4-4.3x-4-4
= 9x2-12x-12x+16
=9x2-24x+16
Jadi bentuk sederhananya adalah
9x2-24x+16
a. FPB dari 2xy dan 5x2 : x
b. FPB dari 3xy dan 6xy2:3xy
a.
b. =

3

21







12






2
2
5

10 2

10







10






2
2
5

4









1.
























2.




3.

PEDOMAN PENSKORAN

No
Soal Kunci Jawaban Skor Bobot Nilai Tiap Nomor
1.
























2.




3. m. 2x2 +3x +5x -6
= 2x2 +8x – 6
n. ( 4x -1 ) ( -2x +5) + ( x-1 )( 2x+1 )
=4x -2x+4x-5-1-2x+x.2x+x.11.2x1.1
=(-8x2+20x+2x-5)+ (2x2-x-2x-1)
=-8x2-12x2 =-6x2
=20x+2x+x-2x=21x
=-5+(-1)=-6
Jadi bentuk sederhananya adalah -6x2+21x-6
o. (3x-4)2
= (3x-4) ( 3x- 4)
=3x.3x.3x-4-4.3x-4-4
= 9x2-12x-12x+16
=9x2-24x+16
Jadi bentuk sederhananya adalah
9x2-24x+16
a. FPB dari 2xy dan 5x2 : x
b. FPB dari 3xy dan 6xy2:3xy
a.
b. =

3

21







12






2
2
5

10 2

10







10






2
2
5

4








PEDOMAN PENSKORAN

No
Soal Kunci Jawaban Skor Bobot Nilai Tiap Nomor
1.
























2.




3. p. 2x2 +3x +5x -6
= 2x2 +8x – 6
q. ( 4x -1 ) ( -2x +5) + ( x-1 )( 2x+1 )
=4x -2x+4x-5-1-2x+x.2x+x.11.2x1.1
=(-8x2+20x+2x-5)+ (2x2-x-2x-1)
=-8x2-12x2 =-6x2
=20x+2x+x-2x=21x
=-5+(-1)=-6
Jadi bentuk sederhananya adalah -6x2+21x-6
r. (3x-4)2
= (3x-4) ( 3x- 4)
=3x.3x.3x-4-4.3x-4-4
= 9x2-12x-12x+16
=9x2-24x+16
Jadi bentuk sederhananya adalah
9x2-24x+16
a. FPB dari 2xy dan 5x2 : x
b. FPB dari 3xy dan 6xy2:3xy
a.
b. =

3

21







12






2
2
5

10 2

10







10






2
2
5

4







1. Apakah 6x-12<8setara dengan x-12<3?jelaskan!



Skor

Skor Perolehan
Nilai Akhir = ------------------------ X 100
Skor Maksimum



Tabel Analisis

No
Nama Aspek Penilaian NA Batas Ketuntasan Minimal Ketuntasan Ket
Indi I
1-3 Ya Tidak
S N





Keterangan :

NA = Nilai Akhir

NA = N. Indikator I
1





Mengetahui,
Kepala Madrasah



JAKARIA JAKA, S.Pd
NIP. 19720601 199803 1 002 Lewoleba,....................................2010
Guru Mata Pelajaran



SUDIRMAN ABDULLAH, S.Pd
NIP. 19810125 201001 1 011




















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 13)


Nama Madrasah : MTs.N Nubatukan
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/1(satu)

Standar kompetensi : 2. Memahami bentuk aljabar, persamaan , dan pertidaksamaan linear satu variabel

Kompetensi dasar : 2.3 Menyelesaikan pertidaksamaan llinier satu variabel

Indikator :
 Menentukan bentuk setara dan penyelesaian PtLSV

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat menentukan penyelesaian PtLSV

B. Materi pembelajaran
Pertidaksamaan linear satu variabel

C. Metode Pembelajaran
Ceramah,Diskusi, Tanya jawab, Demonstrasi dan presentasi

D. Langkah-langkah kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi : mengingat kembali PLSV
Motivasi : memberikan contoh pentingnya mempelajari PtLSV

Kegiatan inti I:
1. dengan diskusi peserta didik dibimbing dalam menyelesaiakn PtLSV
2. Peserta didik membuat contoh PtLSV dan menyelesaikan
3. Dengan berdiskusi siswa menemukan cara menyelesaiakan PtLSV jika koefisiennya negatif
4. Peserta didik mengerjakan lembar kegiatan siswa secara berkelompok
5. peserta didik mempersentasikan pekerjaanya

Penutup :
1. Peserta didik membuat rangkuman dengan bimbingan guru
2. refleksi proses pembelajaran
3. peserta didik diberi tugas

E. Alat dan Sumber Bahan
Matematika kreatif konsep dan terapannya kelas VII, PT Tiga Serangkai

F. Penilaian
Teknik : tertulis dan tes lisan
Bentuk Instrumen : tes isian dan tes uraian


















No Kunci Jawaban Skor Bobot
1 5x +12 < 20 + 3x
5x – 3x < 20 - 12
2x < 10

X < 5
Hp {4,3,2,1}
1
2
2
2

2
1 20
5x – 2 < 8x + 3
5x – 8x < 3 + 2
-3x < 5


Hp { }
1
2
2
2



2

1
20
3 -8x- 6 ≥ 8 – 7x
-8x + 7x ≥ 8 + 6
-x ≥ 14
Kalikan kedua ruas dengan -1
X ≥ -14
Jadi Hp {-14,-15...}
2
2
2
1 10



Skor Perolehan
Nilai Akhir = ------------------------ X 100
Skor Maksimum


No Nomor Soal / Nama Siswa Skor Tiap Nomor Skor Perolehan Skor
Max Batas Nilai Ketuntasan Nilai Ketuntasan Belajar
10 10 12
1 2 3







Mengetahui,
Kepala Madrasah



JAKARIA JAKA, S.Pd
NIP. 19720601 199803 1 002 Lewoleba,....................................2010
Guru Mata Pelajaran



SUDIRMAN ABDULLAH, S.Pd
NIP. 19810125 201001 1 011


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 14)



Nama Madrasah : MTs.N Nubatukan
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/1(satu)


Standar kompetensi : 3. Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dan perbandingan dalam pemecahan masalah

Kompetensi dasar : 3.1 Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel

Indikator :
 Mengubah masalah ke dalam model matematika berbentuk persamaan linear satu variabel
 Mengubah masalah ke dalam model matematika berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik dapat Mengubah masalah ke dalam model matematika berbentuk persamaan linear satu variabel
2. Peserta didik dapat Mengubah masalah ke dalam model matematika berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel

B. Materi pembelajaran
Persamaan dan Pertidaksamaan linear satu variabel

C. Metode Pembelajaran
Ceramah,Diskusi, Tanya jawab, Diskusi, penemuan, demonstrasi dan presentasi

D. Langkah-langkah kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi : mengingat kembali PLSV dan PtLSV
Motivasi : memberikan contoh pentingnya mempelajari PLSV dan PtLSV

Kegiatan inti I:
1. dengan diskusi peserta didik dibimbing dalam membuat model matematika berbentuk PLSV
2. Peserta didik mengerjakan lembar kegiatan siswa secara berkelompok
3. Dengan berdiskusi Peserta didik dibimbing dalam membuat model matematika PtLSV
4. Peserta didik mengerjakan lembar kegiatan siswa secara berkelompok siswa
5. peserta didik mengerjakan soal yang dibuat oleh guru
6. peserta didik mempersentasikan pekerjaanya

Penutup :
1. Peserta didik membuat rangkuman dengan bimbingan guru
2. refleksi proses pembelajaran
3. peserta didik diberi tugas

E. Alat dan Sumber Bahan
Matematika kreatif konsep dan terapannya kelas VII, PT Tiga Serangkai

F. Penilaian
Teknik : tertulis dan tes lisan
Bentuk Instrumen : tes isian dan tes uraian


Contoh instrumen :
1. Nyatakan ke dalam model matematika. Ayu membeli 5 kg beras. Dia membayar denan selembar uang lima puluh ribuan ternyata menerima uang pengembalian sebesar Rp. 27.500;
2. nyatakan ke dalam model matematika. Kelereng Reza 10 lebih banyak dari kelereng wawan




Skor
Skor Perolehan
Nilai Akhir = ------------------------ X 100
Skor Maksimum


Rubrik Penilaian
NO Aspek yang dinilai Bobot penilaian Skala Skor tiap aspek Rubrik
1 2 3 4
1 Pemahaman apa yang diketahui 5 1. Jika sama sekali tdak memahami
2. Jika sebagaian kecil memahami
3. Jika sebagian besar memahami
4. Jika sangat memahami
2 Pemahaman apa yang ditanya 5 1. Jika sama sekali tdak memahami
2. Jika sebagaian kecil memahami
3. Jika sebagian besar memahami
4. Jika sangat memahami
3 Kebenaran membuat model matematika 10 1. Jika sama sekali tdak memahami
2. Jika sebagaian kecil memahami
3. Jika sebagian besar memahami
4. Jika sangat memahami
Jumlah 20




Tabel Analisis

No
Nama Aspek Penilaian NA Batas Ketuntasan Minimal Ketuntasan Ket
Indi I Indi II
1-3 1-3 Ya Tidak
S N S N







Mengetahui,
Kepala Madrasah



JAKARIA JAKA, S.Pd
NIP. 19720601 199803 1 002 Lewoleba,....................................2010
Guru Mata Pelajaran



SUDIRMAN ABDULLAH, S.Pd
NIP. 19810125 201001 1 011



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 15)



Nama Madrasah : MTs.N Nubatukan
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/1(satu)

Standar kompetensi : 3. Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dan perbandingan dalam pemecahan masalah

Kompetensi dasar : 3.1 Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel

Indikator :
 Menyelesaikan model matematika suatu masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat menyelesaikan model matematika suatu masalah y ang berkaitan dengan persamaan linear satu variabe

B. Materi pembelajaran
Persamaan dan Pertidaksamaan linear satu variabel

C. Metode Pembelajaran
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, Diskusi, penemuan, demonstrasi dan presentasi

D. Langkah-langkah kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi : mengingat kembali model matematika
Motivasi : memberikan contoh pentingnya mempelajari PLSV dan PtLSV

Kegiatan inti I:
1. dengan diskusi dan kerja kelompok peserta didik dibimbing dalam menyelesaikan masalah sehari-hari ke dalam model matematika berbentuk PLSV
2. Peserta didik diminta membuat permasalahan sehari-hari yang dapat diselesaikan dengan PLSV
3. dengan diskusi dan kerja kelompok hasil permasalahan yang dibuat peserta didik diselesaikan antar kelompok
4. Peserta didik mengerjakan lembar kegiatan siswa secara berkelompok
5. peserta didik mengerjakan soal yang dibuat oleh guru
6. peserta didik mempersentasikan pekerjaanya

Penutup :
1. Peserta didik membuat rangkuman dengan bimbingan guru
2. refleksi proses pembelajaran
3. peserta didik diberi tugas

E. Alat dan Sumber Bahan
Matematika kreatif konsep dan terapannya kelas VII, PT Tiga Serangkai



F. Penilaian
Teknik : tertulis dan tes lisan
Bentuk Instrumen : tes isian dan tes uraian



Contoh instrumen :
1. amir membeli 10 liter minyak goreng. Uang amir seratus ribuan, dan dia mendapat pengembalian sebesar Rp. 30.000. Harga satu liter minyak goreng adalah...

Rubrik Penilaian
NO Aspek yang dinilai Bobot penilaian Skala Skor tiap aspek Rubrik
1 2 3 4
1 Pemahaman apa yang diketahui 5 1. Jika sama sekali tdak memahami
2. Jika sebagaian kecil memahami
3. Jika sebagian besar memahami
4. Jika sangat memahami
2 Pemahaman apa yang ditanya 5 1. Jika sama sekali tdak memahami
2. Jika sebagaian kecil memahami
3. Jika sebagian besar memahami
4. Jika sangat memahami
3 Kebenaran membuat model matematika 10 1. Jika sama sekali tdak memahami
2. Jika sebagaian kecil memahami
3. Jika sebagian besar memahami
4. Jika sangat memahami
Jumlah 20


Skor

Skor Perolehan
Nilai Akhir = ------------------------ X 100
Skor Maksimum



Tabel Analisis

No
Nama Aspek Penilaian NA Batas Ketuntasan Minimal Ketuntasan Ket
Indi I
1-3 Ya Tidak
S N





Keterangan :

NA = Nilai Akhir

NA = N. Indikator I
1
Mengetahui,
Kepala Madrasah



JAKARIA JAKA, S.Pd
NIP. 19720601 199803 1 002 Lewoleba,....................................2010
Guru Mata Pelajaran



SUDIRMAN ABDULLAH, S.Pd
NIP. 19810125 201001 1 011




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 16)




Nama Madrasah : MTs.N Nubatukan
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/1(satu)

Standar kompetensi : 3.Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dan perbandingan dalam pemecahan masalah

Kompetensi dasar : 3.2. Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel

Indikator :
 Menyelesaikan model matematika suatu masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear satu variabel

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik dapat menyelesaikan model matematika suatu masalah y ang berkaitan dengan pertidaksamaan linear satu variabel

B. Materi pembelajaran
1. Persamaan dan Pertidaksamaan linear satu variabel

C. Metode Pembelajaran
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, Diskusi, penemuan, demonstrasi dan presentasi

D. Langkah-langkah kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi : mengingat kembali model matematika PLSV dan PtLSV
Motivasi : memberikan contoh pentingnya mempelajari PLSV dan PtLSV

Kegiatan inti I:
1. dengan diskusi dan kerja kelompok peserta didik dibimbing dalam menyelesaikan masalah sehari-hari ke dalam model matematika berbentuk PtLSV
2. Peserta didik membuat contoh PtLSV, diselesaikan secara berkelompok
3. Peserta didik diminta membuat permasalahan sehari-hari yang dapat diselesaikan dalam bentuk PtLSV
4. dengan diskusi dan kerja kelompok hasil pekerjaan sisi

Penutup :
1. Peserta didik membuat rangkuman dengan bimbingan guru
2. Refleksi proses pembelajaran
3. peserta didik diberi tugas


E. Alat dan Sumber Bahan
Matematika kreatif konsep dan terapannya kelas VII, PT Tiga Serangkai

F. Penilaian
Teknik : tertulis dan tes lisan
Bentuk Instrumen : tes isian dan tes uraian

Contoh instrumen :

Umur maman lima tahun lebih muda dari anton. Umur anton sekarang 30 tahun.berapakah umur amir enam tahun yang akan datang?



Skor

Skor Perolehan
Nilai Akhir = ------------------------ X 100
Skor Maksimum



Tabel Analisis

No
Nama Aspek Penilaian NA Batas Ketuntasan Minimal Ketuntasan Ket
Indi I
1-3 Ya Tidak
S N





Keterangan :

NA = Nilai Akhir

NA = N. Indikator I
1




Mengetahui,
Kepala Madrasah



JAKARIA JAKA, S.Pd
NIP. 19720601 199803 1 002 Lewoleba,....................................2010
Guru Mata Pelajaran



SUDIRMAN ABDULLAH, S.Pd
NIP. 19810125 201001 1 011

















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 17)

Nama Madrasah : MTs.N Nubatukan
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/1(satu)

Standar kompetensi : 3.Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dan perbandingan dalam pemecahan masalah

Kompetensi dasar : 3.3. Menggunakan konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmatika sosial yang sederhana
Indikator :
 Menggunakan operasi bentuk aljabar dalam kegiatan ekonomi.
 Menghitung nilai keseluruhan, nilai per unit dan nilai sebagian

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik dapat menghitung nilai keseluruhan, nilai per unit dan nilai sebagian

B. Materi pembelajaran
Perbandingan dan aritmatika sosial

C. Metode Pembelajaran
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, Diskusi, penemuan, demonstrasi dan presentasi

D. Langkah-langkah kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi : mengingat kembali arti pecahan dan pembagian
Motivasi : memberikan contoh pentingnya mempelajari perbandingan

Kegiatan inti I:
1. dengan kontekstual guru memberikan contoh tentang kejadian yang ada di pasar dengan simulasi
2. peserta didik membuat contoh kegiatan ekonomi sehari-hari untuk diselesaikan
3. hasil pekerjaan siswa dianalisis dan dinilai
4. dengan diskusi dan kerja kelompok peserta didik dibimbing dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan kejadian perekonomian
5. peserta didik mengerjakan lembar kegiatan siswa secara berkelompok
6. peserta didik mengerjakan soal yang dibuat oleh guru
7. peserta didik mempresentasikan pekerjaanya

Penutup :
1. Peserta didik membuat rangkuman dengan bimbingan guru
2. refleksi proses pembelajaran
3. peserta didik diberi tugas

E. Alat dan Sumber Bahan
Matematika kreatif konsep dan terapannya kelas VII, PT Tiga Serangkai

F.Penilaian
Teknik : tertulis dan tes lisan
Bentuk Instrumen : tes isian dan tes uraian
Contoh instrumen :
1. harga 1 lusin buku tulis adalah Rp.24.000. Berapakah harga 7 buku tulis?




Skor

Skor Perolehan
Nilai Akhir = ------------------------ X 100
Skor Maksimum



Tabel Analisis

No
Nama Aspek Penilaian NA Batas Ketuntasan Minimal Ketuntasan Ket
Indi I
1-3 Ya Tidak
S N





Keterangan :

NA = Nilai Akhir

NA = N. Indikator I
1





Mengetahui,
Kepala Madrasah



JAKARIA JAKA, S.Pd
NIP. 19720601 199803 1 002 Lewoleba,....................................2010
Guru Mata Pelajaran



SUDIRMAN ABDULLAH, S.Pd
NIP. 19810125 201001 1 011


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 18)



Nama Madrasah : MTs.N Nubatukan
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/1(satu)

Standar kompetensi : 3. Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dan perbandingan dalam pemecahan masalah

Kompetensi dasar : 3.3. Menggunakan konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmatika sosial yang sederhana

Indikator :
 Menggunakan operasi bentuk aljabar dalam kegiatan ekonomi.
 Menentukan besar dan persentase laba, rugi, harga jual dan harga beli

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik dapat menentukan besar dan persentase laba, rugi, harga jual dan harga beli

B. Materi pembelajaran
Perbandingan dan aritmatika sosial

C. Metode Pembelajaran
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, Diskusi, penemuan, demonstrasi dan presentasi

D. Langkah-langkah kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi : mengingat kembali arti perbandingan
Motivasi : memberikan contoh pentingnya mempelajari aritmatika sosial

Kegiatan inti I:
1. Guru menyajikan masalah kontekstual yang berhubungan dengan masalah jual beli.Peserta didik diberi kesempatan menyelesaikan sendiri berdasarkan pengalamannya. Jika tidak ada yang bisa menyelesaikan guru membantu dengan tanya jawab
2. dengan tanya jawab guru membimbing peserta didik untuk mendapatkan pengertian harga pembelian dan harga penjualan, kapan seorang pedagang dikatakan untung dan kapan dikatakan rugi
3. guru membimbing peserta didik cara menghitung untung/rugi dari suatu perdagangan, jika harga pembelian dan penjualannya diketahui
4. peserta didik diminta menyimpulkan bagaimana cara menentukan harga pembelian/harga penjualan jika diperoleh untung atau menderita rugi
5. Guru membimbing peserta didik tentang bagaimana cara menghitung harga pembelian, harga penjualan atau untung/rugi dan persentasinya jika dua diantaranya diketahui dengan meminta para siswa mengerjakan LKS secara berkelompok
6. meminta suatu dua orang peserta didik untuk melaporkan hasil kerja kelompoknya dan kelompok-kelompok lain diminta untuk menanggapi
7. mengamati hasil yang diperoleh oleh masing-masing kelompok, memberikan pujian bagi kelompo yang berhasil dengan baik dan membrikan semangat bagi yang belum berhasil dengan baik (jika ada)
8. meminta peserta didik secara berpasangan untuk membuat contoh soal sendiri kemudian dicoba untuk diselesaikan sendiri secara berpasangan pula
9. meminta peserta didik a mengerjakan nomor-nomor terpilih dari soal latihan
10. meminta salah seorang peserta didik untuk mengerjakan soal latihan tersebut di papan tulis

Penutup :
1. Peserta didik membuat rangkuman dengan bimbingan guru
2. refleksi proses pembelajaran
3. peserta didik diberi tugas

E. Alat dan Sumber Bahan
Matematika kreatif konsep dan terapannya kelas VII, PT Tiga Serangkai

F. Penilaian
Teknik : tertulis dan tes lisan
Bentuk Instrumen : tes isian dan tes uraian
Contoh instrumen :
1. seorang pedagang menjual sebuah sepeda motor dengan harga Rp. 10.000.000.- jika dengan harga tersebut pedagang untung 20%. Tentukan harga pembelian 3 sepeda motor tersebut




Skor

Skor Perolehan
Nilai Akhir = ------------------------ X 100
Skor Maksimum



Tabel Analisis

No
Nama Aspek Penilaian NA Batas Ketuntasan Minimal Ketuntasan Ket
Indi I
1-3 Ya Tidak
S N





Keterangan :

NA = Nilai Akhir

NA = N. Indikator I
1





Mengetahui,
Kepala Madrasah



JAKARIA JAKA, S.Pd
NIP. 19720601 199803 1 002 Lewoleba,....................................2010
Guru Mata Pelajaran



SUDIRMAN ABDULLAH, S.Pd
NIP. 19810125 201001 1 011








RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 19)



Nama Madrasah : MTs.N Nubatukan
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/1(satu)

Standar kompetensi : 3. Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dan perbandingan dalam pemecahan masalah

Kompetensi dasar : 3.4. Menggunakan perbandingan untuk pemecahan masalah

Indikator :
 Menjelaskan pengertian skala sebagai suatu perbandingan
 Menghitung faktor perbesaran dan pengecilan pada gambar berskala

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian skala sebagai suatu perbandingan
2. . Peserta didik menghitung faktor perbesaran dan pengecilan pada gambar berskala

B. Materi pembelajaran
Perbandingan dan aritmatika sosial

C. Metode Pembelajaran
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, Diskusi, penemuan, demonstrasi dan presentasi

D. Langkah-langkah kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi : mengingat kembali arti perbandingan
Motivasi : memberikan contoh pentingnya mempelajari gambar berskala

Kegiatan inti I:
1. Peserta didik dimotivasi dengan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan pengertian skala dan gambar berskala
2. guru memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari
3. guru meminta agar peserta didik secara berkelompok untuk mendiskusikan pengertian gambar berskala
4. secara berkelompok atau individu peserta didik diminta mengerjakan latihan soal
5. bagi yang sudah selesai dipersilahkan mempresentasikan hasil pekerjaanya sedangkan kelompok lain menanggapi
6. guru memberikan umpan balik terhadap hasil pekerjaan dan memberi penghargaan bagi kelompok yang berprestasi
7.
Penutup
1. Peserta didik membuat rangkuman dengan bimbingan guru
2. refleksi proses pembelajaran
3. peserta didik diberi tugas

E. Alat dan Sumber Bahan
Matematika kreatif konsep dan terapannya kelas VII, PT Tiga Serangkai

F. Penilaian
Teknik : tertulis dan tes lisan
Bentuk Instrumen : tes isian dan tes uraian


Contoh instrumen :
1. pada suatu peta 5 cm mewakili 12,5 km.Berapakah faktor skalanya?




Skor

Skor Perolehan
Nilai Akhir = ------------------------ X 100
Skor Maksimum



Tabel Analisis

No
Nama Aspek Penilaian NA Batas Ketuntasan Minimal Ketuntasan Ket
Indi I Indi II
1-3 1-3 Ya Tidak
S N S N





Keterangan :

NA = Nilai Akhir

NA = N. Indikator I + N. Indikator II
2




Mengetahui,
Kepala Madrasah



JAKARIA JAKA, S.Pd
NIP. 19720601 199803 1 002 Lewoleba,....................................2010
Guru Mata Pelajaran



SUDIRMAN ABDULLAH, S.Pd
NIP. 19810125 201001 1 011





















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 20)



Nama Madrasah : MTs.N Nubatukan
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/1(satu)

Standar kompetensi : 3. Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dan perbandingan dalam pemecahan masalah

Kompetensi dasar : 3.4. Menggunakan perbandingan untuk pemecahan masalah

Indikator :
 Memberikan contoh-contoh masalah sehari-hari yang merupakan pebandingan seharga (senilai) dan berbalik nilai

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
1. Peserta didik dapat memberikan contoh-contoh masalah sehari-hari yang merupakan pebandingan seharga (senilai) dan berbalik nilai

B. Materi pembelajaran
Perbandingan dan aritmatika sosial

C. Metode Pembelajaran
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, Diskusi, penemuan, demonstrasi dan presentasi

D. Langkah-langkah kegiatan
Pendahuluan
Apersepsi : mengingat kembali arti perbandingan
Motivasi : memberikan contoh pentingnya mempelajari perbandingan

Kegiatan inti I:
1. Peserta didik dimotivasi dengan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan perbandingan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya tinggi badan antara dua anak, berat badan antara dua anak, dan uang saku antara adik dan kakak dan lain-lain
2. guru memberikan contoh perbandingadalam kehidupan sehari-hari, kemudian meminta peserat didik untuk memberikan contoh lainnya dan disederhanakan
3. guru meminta agar peserta didik secara berkelompok untuk mendiskusikan pengertian perbandingan senilai atau berbalik nilai
4. Guru memberikan soal-soal yang berhubungan dengan perbandingan senilai dan berbalik nilai kemudian dikerjakan secara berkelompok
5. secara berkelompok peserta didik diminta untuk mengerjakan latihan. Bagi kelompok yang sudah selesai diminta untuk mempresentasikan hasil di papan tulis
6. peserta didik mengerjakan soal latihan secara invidual dan guru membimbing siswa yang memerlukan
7. bagi yangsudah selesai dipersilahkan mempreentasikan hasil pekerjaanya sedangkan kelompok lain menanggapi
8. guru memberikan umpan balik terhadap hasil pekerjaan dan memberi penghargaan bagi kelompok yang berprestasi

Penutup
1. Peserta didik membuat rangkuman dengan bimbingan guru
2. refleksi proses pembelajaran
3. peserta didik diberi tugas


E. Alat dan Sumber Bahan
Matematika kreatif konsep dan terapannya kelas VII, PT Tiga Serangkai


F. Penilaian
Teknik : tertulis dan tes lisan
Bentuk Instrumen : tes isian dan tes uraian
Contoh instrumen :


Skor

Skor Perolehan
Nilai Akhir = ------------------------ X 100
Skor Maksimum

No Kunci Jawaban Skor Bobot
1 Diketahui jarak dua kota = 50 km pada peta berjarak 5 cm. Ditentukan faktor pengecilan
Jawab
Faktor pengecilan =
=
= 1.000.000
Jadi faktor pengecilan 1.000.000
1
1
1

2

2


2
1 10
2 a. Perbandingan senilai
b. Perbandingan berbalik nilai 5
5

3
Waktu Pekerja
6 100
y 50

y =
jadi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pembangunan gedung adalah 12 hari

4



4

2


1

1
20

No Nomor Soal / Nama Siswa Skor Tiap Nomor Skor Perolehan Skor
Max Batas Nilai Ketuntasan Nilai Ketuntasan Belajar
10 10 12
1 2 3








No Nomor Soal / Nama Siswa Skor Tiap Nomor Skor Perolehan Skor
Max Batas Nilai Ketuntasan Nilai Ketuntasan Belajar
10 10 12
1 2 3









Mengetahui,
Kepala Madrasah



JAKARIA JAKA, S.Pd
NIP. 19720601 199803 1 002 Lewoleba,....................................2010
Guru Mata Pelajaran



SUDIRMAN ABDULLAH, S.Pd
NIP. 19810125 201001 1 011















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 21)


Nama Madrasah : MTs.N Nubatukan
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/1(satu)


Standar kompetensi : 3. Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel dan perbandingan dalam pemecahan masalah

Kompetensi dasar : 3.4. Menggunakan perbandingan untuk pemecahan masalah

Indikator :
 Menyelesaikan soal yang melibatkan perbandingan senilai dan berbalik nilai

Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat menyelesaikan soal yang melibatkan perbandingan senilai dan berbalik nilai

B. Materi pembelajaran
Perbandingan dan aritmatika sosial

C. Metode Pembelajaran
Ceramah, Diskusi, Tanya jawab, Diskusi, penemuan, demonstrasi dan presentasi

D. Langkah-langkah kegiatan
 Pendahuluan
Apersepsi : mengingat kembali arti perbandingan
Motivasi : memberikan contoh pentingnya mempelajari perbandingan

 Kegiatan inti
1. Peserta didik dimotivasi dengan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan perbandingan senilai dan berbalik nilai dalam kehidupan sehari-hari
2. guru memberikan contoh perbandinga dalam kehidupan sehari-hari, kemudian meminta peserta didik menyelesaikan
3. guru meminta agar peserta didik secara berkelompok untuk mendiskusikan permasalahan perbandingan senilai dan berbalik nilai
4. Guru memberikan soal-soal yang berhubungan dengan perbandingan senilai dan berbalik nilai kemudian dikerjakan secara berkelompok
5. secara berkelompok peserta didik diminta untuk mengerjakan latihan. Bagi kelompok yang sudah selesai diminta untuk mempresentasikan hasil di papan tulis
6. peserta didik mengerjakan soal latihan secara invidual dan guru membimbing siswa yang memerlukan
7. bagi yangsudah selesai dipersilahkan mempreentasikan hasil pekerjaanya sedangkan kelompok lain menanggapi
8. guru memberikan umpan balik terhadap hasil pekerjaan dan memberi penghargaan bagi kelompok yang berprestasi

 Penutup
1. Peserta didik membuat rangkuman dengan bimbingan guru
2. refleksi proses pembelajaran
3. peserta didik diberi tugas

E. Alat dan Sumber Bahan
Matematika kreatif konsep dan terapannya kelas VII, PT Tiga Serangkai


F. Penilaian
Teknik : tertulis dan tes lisan
Bentuk Instrumen : tes isian dan tes uraian
Contoh instrumen :
1. suatu pekerjaan jika diselesaikan oleh 25 orang akan selesai dalam waktu 30 hari. Setelah berjalan 10 hari karena sesuatu hal, pekerjaan terhenti 5 hari. Berapa pekerka yang dibutuhkan agar selesai dalam waktu yang sudah ditentukan?


No Kunci Jawaban Skor Keterangan
1 25x 30=750
750 : 20 = 35 4
4
Jumlah 8














Mengetahui,
Kepala Madrasah



JAKARIA JAKA, S.Pd
NIP. 19720601 199803 1 002 Lewoleba,....................................2010
Guru Mata Pelajaran



SUDIRMAN ABDULLAH, S.Pd
NIP. 19810125 201001 1 011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar